Sunday 11 January 2015

Pengertian Entitas, relasi dan inheritance dan Contoh CDM apotek


           Konversi Notasi ERD Elmasri Kebentuk Notasi Power Desinger

Bentuk notasi elmasri adalah bentuk entity relationship diagram (ERD) yang sederhana, yang menerjemahkan konsep persepsi manusia tentang suatu sistem kedalam bentuk tertulis yang mudah dipahami. Power desinger, sebagai sebuah software bantu (tool software) untuk pembuatan diagram ER, memiliki notasi tersendiri yang berbeda dengan notasi elmasri, sehingga untuk dapat membuat ERD dalam Power Desinger diperlukan suatu konversi notasi.
2.      Power Desinger
Power desinger dapat memodelkan menjadi empat tipe pemodelan yaitu:
1.      Conceptual data model (CDM)
CDM memodelkan struktur logis dari keseluruhan aplikasi data, tidak tergantung pada software atau pertimbangan model sturktur data. CDM yang valid dapat dikonversi ke PDM atau OOM.
2.      Physical data model (PDM)
PDM memodelkan struktur fisik dar database, dengan mempertimbangkan software DBMS serta model struktur yang akan digunakan. PDM yang valid dapat dikonversi ke CDM atau OOM.
3.      Object oriented model (OOM)
OOM memodelkan sistem sofware dengan menggunakan pendekatan berorientasi objek untuk bahasa pemrograman Java atau bahasa pemrograman lainnya. OOM yang valid dapat dikonversi ke CDM atau PDM.
4.      Business process model (BPM)
BPM memodelkan srana untuk penyelesaian satu atau beberapa proses dalam konsep praktek bisnis.
            CDM atau conceptual data model adalah bentuk sebuah diagram yang memodelkan struktur logis dari keseluruhan aplikasi data, tidak tergantung pada software DBMS atau pertimbangan model struktur data. CMD yang valid dapat dikonversi ke PDM atau OOM, CMD mirip dengan konsep ERD yang diajukan oleh elmasri hanya ada beberapa perbedaan yang lebih singkat didalam CDM.


1.                   1.1  Entitas
                Untuk membuat entitas, klik item pada pallete dengan label Entity, kemudian klik space  putih di sebelah  kanan. Untuk  membuat  beberapa  entitas, klik terus sebanyak jumlah entitas yang  dibtuhkan. Untuk  mengubah bentuk  krsor  menjadi anak panah kembali, klik item dengan tabel Pointer pada palette.Beri nama entitas saudara dengan cara melakukan double klik pada entitas yang bersangkutan dan mengisi nama pada field Name pada tab General. Atribut dari  entitas langsung  dientrikan dengan memilih tab Attributes dan  isi tiap barisnya dengan atribut  entitas. Entrikan  nama  atribut  pada kolom  Name,  pilih tipe data yang sesuai  untuk  atribut  tersebut  dengan memilih salah satu item pada drop-down  menu  untuk melihat keseluruha tipe data yang ada. Beri tanda pada tipe data yang  sesuai dan isi  maksimal  karakternya pada field  Length. Beri tanda pada  check  box M jika  atribut tersebut mandatory (tidak  boleh  berisi  NULL) dan P jika  merupakan primary  key.  Check box  D (display) otomatis sudah terisi.
Contoh gambar Entitas

1.2          Relasi
                Untuk membuat relasi antara 2 buah entitas, klik item pada palette dengan label Relationship, kemudian  hubungkan  kedua  kedua entitas. Beri nama pada relasi yang saudara  buat dengan melakukan double klik  pada  relasi dan mengisi  nama pada field  Name pada tab General.
            Untuk menentukan jenis relasinya, Klik tab Detail dan pilih salah  satu jenis relasi, one-one, one-many, many-one, atau many-many. Nama role masing-masing entitas bersifat opsional. Beri tanda pada check  box  Mandatory jika entitas yang bersangkutan harus berelasi dengan entitas yang lain. Isi kardinalitas masing-masing entitas dengan memilih salah satu bentuk kardinalitas yang sesuai pada field Cardinality.
Contoh gambar relasi

1.2              Inheritance
Untuk  membuat inheritance dari sebuah entitas, terlebih dhulu buat entitas-entitas lain yang merupakan child dan entitas parent. Lalu klik item pada palette dengan tabel Inheritance, hubungkan entitas parent dengan entitas child. Beri nama pada inheritance saudara.
Contoh gambar inheritance

ok gan disini saya ada contoh CDM apotek lihat gambar di bawah ini:



PEMBAHASAN

v  Conceptual Data Model (CDM)

No comments:

Post a Comment